Pengalaman Prakerin Waktu SMK ^_^

Pengalaman Sebelum Hingga Sesudah Prakerin




Mulai dari awal alangkah baiknya untuk berkenalan terlebih dahulu. seperti kata pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang. Nama saya Erwin Devano Swandi biasa dipanggil Erwin. Umur saya 18 Tahun, sekarang Alhamdulillah saya kuliah di Poltek APP Jakarta. Disini saya ingin berbagi cerita sedikit tentang pengalaman Prakerin waktu saya SMK.


Pengalaman Prakerin saya waktu kelas 2 SMK, saat itu waktu Prakerin saya semester 2, dan waktu bulan oktober sudah diberitahukan oleh guru untuk mencari tempat Prakerin agar saat waktu Prakerin bulan Januari tersebut bisa tepat waktu. Ketika itu saya dan teman seperti menghiraukan omongan guru saya, waktu terus berlalu sudah masuk bulan Desember baru saya dan teman mencari tempat Prakerin. Tetapi sebulan berlalu saya mencari tempat Prakerin tidak kunjung dapat, saya dan teman saya terus mencari hingga masuk bulan pertengahan Januari baru saya dan teman saya mendapatkan tempat untuk prakerin. Pada saat mencari tempat prakerin berbagai kendala ataupun hambatan saya rasakan, ketika sedang semangat semangat nya mencari tempat prakerin saya dan teman saya sampai nyasar ke daerah Bogor, basah kuyup karena hujan hingga pakaian saya kering kembali, hingga terkena tilang oleh polisi ya itu juga karena kesalahan saya dan teman saya. bagi saya itu perjuangan yang benar benar nyata mulai dari kesalahan saya dan teman saya tidak mendengarkan omongan guru saya, semangat mencari tempat prakerin, hingga halangan dan tantangan untuk mencari tempat prakerin tersebut.


Saya mendapat tempat Prakerin disalah satu kampus di daerah cibinong. Melalui usaha dan kerja keras Alhamdulillah saya mendapat tempat yang baik untuk saya belajar dan melakukan praktek kerja lapangan. Suasana yang belum saya rasakan sebelumnya membuat saya mendapat tantangan untuk bisa juga melakukan pekerjaan saya di tempat tersebut dengan baik. Membantu para karyawan di sana, saya ditempatkan di salah satu bagian keuangan dan marketing, disana saya banyak belajar yang belum saya ketahui sebelumnya. Saya juga mendapat sambutan yang cukup baik dari para karyawan disana, dengan sabar dan baiknya mengajarkan saya pekerjaan di bagian keuangan dan marketing, bagaimana menghandle sebuah pekerjaan dan bagaimana kita mampu bertanggung jawab akan pekerjaan tersebut. Banyak ilmu dan pengetahuan yang saya dapat ketika Prakerin, rasa tanggung jawab dan juga kerja keras saya dapat dari Prakerin saya, masukan ataupun pembelajaran yang saya dapat semuanya sangat positif untuk saya, atmosfer yang benar benar berbeda, bagaimana saya menjadi bagian dari salah satu tempat disana, suka duka saya alami, ya ditegur oleh atasan ataupun mengisi waktu Prakerin dengan ceria.


Pengalaman yang saya rasakan saat saya Prakerin memang sangat banyak dan saya mendapatkan begitu banyak pembelajaran, saya merasa bersyukur mendapat tempat Prakerin saya yang telah mengajarkan semua itu. Disatu sisi saya juga berfikir kenapa saya dulu menunda mencari tempat prakerin dan tidak mendengarkan omongan guru saya. saya merasa menyesal karena menunda hal tersebut, saya beruntung bisa dapat tempat prakerin walau waktu yang telat saya dari waktu yang diberikan oleh sekolah saya. oiya saya dulu sekolah di SMKN 1 Depok di daerah Tapos Depok. Prakerin telah membuat saya menambah ilmu praktek kerja yang belum saya dapatkan sebelumnya. Pembelajaran yang saya dapatkan mulai dari sebelum Prakerin hingga sesudah Prakerin yaitu sesuatu hal yang akan kita lakukan itu jangan sampai kita menunda hal tersebut, karena sesuatu hal yang kita tunda akan berakibat tidak baik untuk kedepannya, sesuatu hal yang penting seharusnya kita lakukan sesegera mungkin jangan sampai kita menunda hal tersebut. Mendengarkan omongan orang lain apalagi orang tersebut adalah guru kita adalah sesuatu yang harus kita laksanakan, jangan hanya mendengarkan saja tetapi dilakukan segera mungkin. Belajar untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi, berguna untuk semua orang dan menjadi seseorang yang tidak melakukan kerugian untuk orang lain. Disini saya juga belajar dan masukan untuk saya sendiri, saya tidak merasa pintar atau lebih baik dari orang lain, alangkah indahnya kalau kita saling mengingatkan satu sama lain membuat hidup ini menjadi lebih berkesan.


Alhamdulillah itu adalah cerita sedikit tentang pengalaman Prakerin saya semoga apa yang saya tulis ini memberi manfaat untuk semua orang dan menjadi pembelajaran juga untuk kita semua. Sebuah komentar akan membuat saya menjadi lebih baik lagi. Terima Kasih.

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.